Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Andariwati, Andariwati (Unknown)
Febriyana, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Contoh penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-D yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional rata-rata 65,16, termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 78,64 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung ttabel yaitu 4,72 1,670 dengan hipotesis ini terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...