Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2024): Edisi Maret 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Br Bangun, Emiya Isnaini (Unknown)
Febriyana, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Medan yang beralamat di Jl. Jamin Ginting Km.8 Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan model role playing dan kelas VII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan model ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen menggunakan posttest only control design. Instrumen penelitian ini berupa tes lisan yaitu dengan menceritakan kembali teks fabel. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing memperoleh nilai rata-rata rata 85,93 dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 23 siswa dengan presentase 82,14% dan 51-75 berjumlah 5 siswa dengan presentase 17,86%. Sedangkan kemampuan menceritakan kembali teks fabel menggunakan model pembelajaran ceramah dengan nilai rata-rata 61,97 dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 3 orang dengan presentase 8,33% dan 51-75 berjumlah 33 siswa dengan presentase 91,67%. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai uji t maka diperoleh  yaitu 12,75 1,670 sehingga Ha pada penelitian ini terbukti dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...