Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 7 No. 8: Agustus 2024

Pengembangan Program Pembiasaan dan Internalisasi Nilai Karakter di SDN 02 V Koto Kampung Dalam: Development of Character Values Habituation and Internalization Program at SDN 02 V Koto Kampung Dalam

Eldarifai (Unknown)
Syafruddin Nurdin (Unknown)
Muhammad Kosim (Unknown)
Izzi Fekrat (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Kurikulum tidak pernah terpisahkan dari proses pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka menghadirkan kebebasan kepada Lembaga Pendidikan, guru dan unsur terkait untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna sesuai dengan karakter potensi dan kebutuhan peserta didik. Kehadiran berbagai program Sekolah pada dasarnya bertujuan untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Baik dalam skala lokal maupun global. Studi ini mencoba menggambarkan program pembiasaan dan internalisasi nilai-nilai melalui tadabur Quran Juzz 30, pembiasaan menghafal Quran, dan budaya bersalaman dalam mewujudkan karakter sesuai profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data yang diperoleh dari referensi jurnal ilmiah dan studi lapangan. Evaluasi literatur menunjukkan bahwa Pendidikan dasar sebagai pondasi awal menanamkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan sehingga nenatinya menjadi bekal dalam mengharungi kehidupan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...