Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2024): Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PROBLEMATIKA MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG

Golu, Fitria (Unknown)
Jihada, Ilfiana Iffah (Unknown)
Nobisa, Yahya Nikmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menyajikan problematika membaca dan menulis bahasa arab bagi mahasiswa non-muslim di universias muhammmadiyah kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika membaca dan menulis bahasa arab bagi mahasiswa non-muslim di universitas Muhammadiyah kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisiss data menggunakan analisis deskripif. Adapun Teknik pengumpulan datanya yaitu berupa observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi secara langsung berupa tes membaca dan menulis bahsa arab bagi mahasiswa non-muslim diuniversitas Muhammadiyah kupang dengan maksud untuk memperoleh porsentase mahasiswa non-muslim yang belum bisa membaca dan menulis. Kemudian untuk memperoleh data yang mendekati kebenaran dengan cara melakukan wawancara kepada mahasiswa non-muslim di unuversitas muhammmadiyah kupang tentang problematika membaca dan menulis bahasa arab. Adapun hasil dari penelitian nya adalah 50% mahasiswa non-muslim yang belum terlalu menulis dan 50% sudah bisa menulis bahasa arab bahasa arab, 65% porsen yang belum terlalu bisa membaca dan 45% sudah bisa membaca bahasa arab. Hal ini desebabkan oleh bahasa arab di anggap sulit bagi mahasiswa non-muslim, sulit dan pengucapan dan penulisannya yang disebabkan oleh mahasiswa non-muslim baru mengenal bahasa arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Talim merupakan Media Publikasi yang mempublikasikan artikel ilmiah dan hasil penelitian lapangan di bidang Pendidikan Islam yang menerapkan sistem peer review. Secara spesifik ruang lingkup jurnal ini adalah Filsafat Pendidikan Islam, Modernisasi pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, ...