cover
Contact Name
Muhajir Musa
Contact Email
paiumk97@gmail.com
Phone
+6281236220680
Journal Mail Official
paiumk97@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 17 Kota Kupang Nusa Tenggara Timur Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kupang
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : -     EISSN : 28279883     DOI : https://doi.org/10.51494/ta'lim
Talim merupakan Media Publikasi yang mempublikasikan artikel ilmiah dan hasil penelitian lapangan di bidang Pendidikan Islam yang menerapkan sistem peer review. Secara spesifik ruang lingkup jurnal ini adalah Filsafat Pendidikan Islam, Modernisasi pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, Pendidikan Tinggi Islam, Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Islam, Karakter dan pendidikan Islam, Pendidikan Pesantren dan Madrasah, Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial, Kurikulum pendidikan Islam, Berbagai Model, Strategi, Metode Pengajaran Pendidikan Islam, Tokoh Pendidikan Islam, Media Pendidikan Islam, Evaluasi Pendidikan Islam.
Articles 29 Documents
Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an (Telaah Surah Al Hujurat Ayat 9-13) Muhajir Musa; Marwan Gozali
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.363

Abstract

Belakangan ini di tengah masyarakat yang hidup dengan gaya modern sering melupakan pentingnya pengajaran Al-Qur’an kepada anak.. Adanya permasalahan yang masih ditemukan di SMP Muhammadiyah Kupang dalam membaca Al-Qur’an sehingga perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam tata cara membaca sesuai dengan tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang di alami oleh siswa SMP Muhammadiyah Kupang dalam membaca Al-Qur’an. Dari kesulitan- kesulitan tersebut dapat pula diketahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kupang dan Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi . Untuk memperoleh data-data, penulis menggunakan 2 instrumen dalam pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya kesulitan-kesulitan yang dialami siswa-siswi meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, pengenalan tanda baca, dan kelancaran dalam membaca. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya minat siswa yang kurang, motivasi dari keluarga yang kurang, alokasi waktu yang kurang memadai, dan sekolah asal lulusan siswa. Adapun strategi yang sudah dilakukan oleh para guru agama Islam di SMP Muhammadiyah di antaranya membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai.
Kedudukan dan Peranan Guru Serta Peserta Didik dalam Pandangan Islam Mutia Nur Hasanah; Aisya Sava Rahmadila; Mustaufiyatul Khoiriyah; Taufik Siraj
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.540

Abstract

Tanggung jawab seorang guru tidak hanya terbatas pada profesinya saja, tetapi ada tanggung jawab lain di bidang kemanusiaan dan kemasyarakatan. Dalam Islam kedudukan guru sangat mulia. Guru bertugas mengamalkan ilmu yang dimilikinya kepada semua orang, pada dasarnya guru mendapat amanah untuk mengajak semua orang mendekat dan beribadah hanya kepada Allah SWT. Peserta didik merupakan mahkuk yang membutuhkan bimbingan dan arahan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan membentuk karakter berdasarkan ajaran Islam. Oleh karena itu perlu adanya pembahasan dan penelitian lebih lanjut guna memperdalam dan memberikan pengetahuan serta wawasan mengenai kedudukan dan peranan guru dan peserta didik khususnya dalam pandangan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang mencakup uraian sistematis tentang kajian literatur serta hasil peneltian sebelumnya para peneliti yang mempunyai kesesuian antara hasil penelitian dari para peneliti terhadap masalah yang akan diteliti.
Supervisi dalam Peningkatan Mutu Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 114 Rejang Lebong Enilawati; Jumira Warlizasusi; Emmi Kholilah Harahap
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.593

Abstract

To improve the quality of learning, supervision is necessary. Supervision needs to cover the entire learning program which consists of planning, implementation, and evaluation or final assessment in learning. The assessment of the learning design includes aspects of developed competencies, selected learning strategies, and program content. Assessment of the implementation of learning programs seeks to assess how high the level of quality of learning is carried out by teachers. Assessment of the results of the learning program is not limited to short-term results or outputs but should also reach the outcomes of the learning program. This research uses descriptive qualitative method. With only 7 teachers and 93 students, and schools without internet access. The results showed that the State Elementary School 114 Rejang Lebong carried out supervision as an effort to improve the quality of learning evaluation.
Kerjasama Orangtua dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Yahya Nikmad Nobisa
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.598

Abstract

The aims of this study are: 1) to determine the duties and obligations of teachers/parents in student learning activities. 2) to find out the forms of cooperation between teachers and parents in improving the quality of Islamic religious education. The results of this study illustrate that the duties and obligations of teachers/parents in student learning activities are very important without the support of parents and teachers, so the knowledge of Islamic religious education in students cannot be achieved. While the forms of cooperation between parents and teachers in improving the quality of Islamic religious education are providing moral development, aqidah, character, being honest, fair and coaching away from envy.
Hubungan Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SDN Kuanino Kecamatan Kota Raja Kota Kupang Ilfiana Iffah Jihada; Agusman
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.600

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between giving homework and PAI learning outcomes for students at SDN Kuanino, 2014/2015 academic year. The method in this research is correlational research. The sample used in this study was a saturated sample, that is, all the population studied were 26-1=25 students in grades III, IV and V at SDN Kuanino. Data collection techniques for variable X (Providing Homework) that is by using a questionnaire or questionnaire which is presented in the form of a statement consisting of 25 statements that have been tested through validity and reliability tests. To find out the significance of the relationship, a t-test was carried out, namely to get the results of rcount > rtable where ttable was at a significance level of 0.05 with dk (n-2) = (25-2) = 23 of 1.714, with test criteria Ho: rejected if tcount> ttable and Ho: accepted if tcount> ttable, because tcount = 4,943 > 1,714 rejected. Thus, it can be concluded that there is a significant relationship between giving homework and PAI learning outcomes for students at SDN Kuanino, Kupang City.
Penggunaan Metode Quantum Teaching dalam Pembelajaran PAI di Kelas V SD Inpres Atu`Laleng, Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur Marwan Gozali; Amirullah
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.602

Abstract

From the steps of implementing learning, namely starting from the introduction, core and closing activities carried out by PAI teachers. This research uses qualitative research with qualitative descriptive research type. The collection technique is observation, interview, and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. As a test of the validity of the data, namely by extending the presence of researchers and triangulation. The results of this study can be seen from the enthusiasm and enthusiasm of students in participating in learning and the results are very good and cooperation between teachers and students and students and students, students dare to have opinions and students can respect other opinions.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak Keluarga Konversi Agama Di Kupang Muhammad Tamrin; Syarif Idris
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i1.607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keislaman Pada Anak Keluarga Konversi Agama di Kota Kupang; 2) Pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan pada anak keluarga konversi Agama. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitan lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman. Dari hasil penelitian kasus Konversi Agama di Kota Kupang banyak didominasi oleh perkawinan, Sementara Pemahaman keagamaan dan Keislaman yang dimiliki baik dari pihak istri ataupun suami sangat minim. Rendahnya pemahaman keislaman orang tua menyebabkan banyak diantara anak-anak keluarga konversi agama mengalami degradasi moral bahkan murtad kembali mengikuti agama asal salah satu orang tua mereka. Dalam hal ini guru pendidikan agama islam berperan dalam pendampingan dan bimbingan untuk mempertahankan akidah dan nilai-nila keislaman.
Hubungan Intensitas Ibadah dengan Adversity Quotient dalam Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Agama Islam Di Universitas Muhammadiyah Kupang Siti Nuryanti Nurdin; Muhammad Tamrin
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i2.766

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intensitas Ibadah dengan Adversity Quotient dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Kupang. Jenis metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 24.0. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu berupa koesioner. Untuk populasinya yakni mahasiswa akhir semester 8 dan semester 10 yaitu angkatan tahun 2017 dan 2018. Berdasarkan hasil penelitian dengan bantuan analisis data menggunakan uji analisis program SPSS versi 24.0 maka uji corelation variabel Intensitas Ibadah (X) dan Variabel Adversity Quotient (Y) memperoleh hasil 0,433. Jadi, terdapat hubungan antara Variabel Intensitas Ibadah Dengan Adversity Qoutient dengan pedoman derajat hubungannya yaitu sedang , dan sifat hubungannya yaitu bersifat positif. Maksud dari sifat positif adalah semakin tinggi variabel Intensitas Ibadah (X) maka semakin tinggi pula Variabel Adversity Quotient (Y) sebaliknya semakin rendah variabel Intensitas Ibadah maka semakin rendah pula Variabel Adversity Quotient . Maka hipotesis saya diterima/ tidak ditolak.
Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Pendekatan Langsung Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang Ardi Ansa Umar Barbalia; Muhammad Tamrin
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i2.768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan motivasi Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan langsung pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan langsung terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang berulang. Melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat mengadaptasi teori yang ada, untuk kepentingan proses dan hasil pembelajaran yang lebih efektif, optimal, dan fungsional. Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru juga memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan, merefleksi diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri, dapat bekerja secara konstekstual. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwasanya strategi peningkatan model pendekatan langsung dapat memotivasi serta meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Model pendekatan langsung dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang mengalami peningkatan di siklus II yakni sebesar 92 %. Hal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.
Analisis Interaksi Sosial Antara Siswa Muslim dan Non-Muslim Perspektif Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sulamu Baruna Kamiring; Ilfiana Iffah Jihada
Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/ta'lim.v1i2.769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial antara siswa muslim dan non muslim di SMP Negeri II Sulamu,dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dan mengacu pada pengumpulan data di lapangan,pengumpulan data dilakukan secara observasi,pengamatan, dokumentasi dan wawancara.hasil dari penelitian yang di lakukan oleh peneliti menunjukan bahwa interaksi sosial yang terjadi di lingkungan SMPN II Sulamu terjadi cukup baik,baik itu secara individu dengan individu,individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok baik itu interaksi di lakukan di dalam kelas mapun di luar kelas.penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, dimana pendekatan kualitatif di fahami sebagai prosedur. Berdasarkan hasil observasi/pengamatan secara langsung terhadap beberapa siswa di luar jam kelas dalam hal bertutur kata dan bersikap, peneliti mendapatkan beberapa hal di antaranya siswa dan siswi yang muslim maupun Non muslim mereka dalam bertutur kata atau berinteraksi dengan teman mereka yang sesama muslim maupun bukan sesama muslim, mereka selalu sopan, menggunakan bahasa yang tidak meyakiti atau menyinggung teman mereka, mereka selalu menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Page 1 of 3 | Total Record : 29