Studi ini melibatkan investigasi mendalam terhadap perkembangan penelitian pada pembelajaran motorik pada anak prasekolah, yang memanfaatkan pendekatan bibliometrik untuk menganalisis evolusi, fokus, dan dampak kontribusi penelitian. Dengan menganalisis artikel-artikel yang diterbitkan dari tahun 2013 hingga 2023 yang kami kumpulkan dari database Scopus. Penggunaan perangkat lunak VOSViewer memfasilitasi visualisasi kolaborasi antar peneliti, institusi, dan topik penelitian, sehingga memberikan wawasan mendalam tentang struktur dan dinamika dalam domain penelitian ini. Penelitian kami berhasil merumuskan pemahaman yang lebih mendalam tentang pembelajaran motorik pada anak prasekolah. Pendekatan ini tidak hanya menyajikan perspektif mengenai arah potensial penelitian di masa depan, namun juga memiliki kapasitas untuk memberikan kontribusi besar terhadap perluasan dan pengembangan wacana akademik mengenai metode pembelajaran motorik pada anak prasekolah. Peta kejadian bersama berdasarkan kata kunci yang diberikan oleh penulis makalah yang diterbitkan di Scopus menunjukkan bahwa kata kunci seperti perkembangan kognitif, lingkungan keluarga, intelektual, gangguan koordinasi perkembangan, uji coba acak terkontrol, keterampilan motorik halus, dan latihan berbicara pada anak menjadi yang sering di teliti. Temuan kami menyoroti perubahan tren penelitian dari waktu ke waktu, mengidentifikasi topik-topik utama yang ditekankan, dan menelusuri kontribusi dari berbagai institusi serta peneliti terkenal yang berperan dalam mengembangkan dan memperdalam pemahaman di bidang pembelajaran motorik, khususnya dalam anak prasekolah.
Copyrights © 2024