Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 11, No 3 (2023): SEPTEMBER-OKTOBER 2023

Profil Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear dan Matriks Mata Kuliah Aljabar Linear

Siregar, Hesty Marwani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

AbstractLinear Algebra is one of the mathematical subjects that students majoring in Mathematics Education need to master, as it has connections with other fields, other mathematical topics, and plays a role in solving everyday life problems. Previous research indicates that the achievement of learning outcomes in Linear Algebra still needs further optimization. Therefore, this research was conducted with the aim of assessing the achievement of learning outcomes in Linear Algebra, specifically in the topics of Systems of Linear Equations and Matrices. This research utilized a qualitative descriptive research method. Data was collected through a linear algebra test comprising four questions related to Systems of Linear Equations (SLE) and matrices. Subsequently, the percentage of student learning outcomes achievement for each question and the total score were calculated and interpreted. The results of this study indicate that the overall learning outcomes of students fall into the moderate category with a percentage of 50.51%. When examining each individual question, three questions fall into the moderate category, while one question falls into the high category. Keywords:  linear algebra; mathematics learning outcomes; matrix; system of linear equations AbstrakAljabar Linear merupakan salah satu materi matematika yang perlu dikuasai mahasiswa Pendidikan Matematika karena memiliki keterkaitan dengan bidang lain, materi matematika lainnya, ataupun berperan dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar Aljabar Linear masih perlu dioptimalkan lagi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar Aljabar Linear pada materi Sistem Persamaan Linear dan Matriks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes aljabar linear dengan materinya Sistem Persamaan Linear (SPL) dan matriks, yang terdiri dari 4 soal. Selanjutnya dihitung persentase pencapaian hasil belajar mahasiswa di tiap butir soal, dan pada skor totalnya, serta diinterpretasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 50,51%. Dilihat dari masing-masing butir soal, 3 soal berada pada kategori sedang, sedangkan 1 soal lainnya berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: aljabar linear; hasil belajar matematika; matriks; sistem persamaan linear  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp193-203 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MTK

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung menerima artikel ilmiah terkait penelitian di bidang pendidikan matematika yang meliputi: 1. Kurikulum Pendidikan Matematika 2. Metode Pembelajaran Matematika 3. Media Pembelajaran Matematika 4. Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi dan Informasi ...