cover
Contact Name
Nurain Suryadinata
Contact Email
nurain.suryadinata@fkip.unila.ac.id
Phone
+6285269017688
Journal Mail Official
jpmunila@gmail.com
Editorial Address
Gedung G, FKIP, Jalan Prof. Dr Jl. Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro No.1, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23381183     EISSN : 2715856X     DOI : https://doi.org/10.23960/mtk
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung menerima artikel ilmiah terkait penelitian di bidang pendidikan matematika yang meliputi: 1. Kurikulum Pendidikan Matematika 2. Metode Pembelajaran Matematika 3. Media Pembelajaran Matematika 4. Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi dan Informasi 5. Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran Matematika
Articles 13 Documents
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Differentiated Instruction Berbasis Mobile Learning Pada Materi Limit Fungsi Harmini, Triana; Muriyatmoko, Dihin; Mubarok, M. Shulton
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 11, No 4 (2023): DESEMBER 2023 - JANUARI 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 This research aims to develop learning media using differentiated instruction based on mobile learning on Function Limits material. This research uses the Waterfall model, which consists of requirements, design, implementation, verification, and maintenance. Data collection techniques use questionnaires. The research subjects were students in the 1st semester of the Informatics Engineering Study Program. At the requirements stage, we analyzed students' initial needs and abilities, leading to the creation of mobile learning-based mathematics learning media with differentiated instruction. These results have practical applications for function-limit material. This analysis led to the creating of mobile learning-based mathematics learning media using differentiated instruction. We conceived an engaging concept for mobile learning-based mathematics learning media at the design stage, facilitating its subsequent development. Next, mobile learning-based mathematics learning media was produced at the implementation stage using Android Studio Girrafe. At the verification stage, we conducted black box and functional testing to demonstrate that the learning media operates smoothly by the planned features. Verification on media and material experts received 90.45% and 92.73% results. We conducted user trials and obtained a success rate of 83,56%, the designed application is valid and can serve as a learning medium for Functional Limits material. Keywords: differentiated instruction; instructional media; mobile learning AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan differentiated instruction berbasis mobile learning pada materi Limit Fungsi. Model penelitian penelitian ini menggunakan model Waterfall yang terdiri dari requirment, design, implemetation, verification, dan maintenance. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi teknik Informatika semester 1. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran matematika berbasis mobile learning pada materi Limit Fungsi di mana pada tahap requirment telah dilakukan analisis kebutuhan dan kemampuan awal mahasiswa, yang mengarah pada pembuatan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning menggunakan differentiated instruction. Pada tahap design, telah merancang suatu konsep media pembelajaran matematika berbasis mobile learning yang menarik agar dapat dikembangkan lebih lanjut. Selanjutnya, pada tahap implementation dihasilkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning menggunakan Android Studio Girrafe. Pada tahap verification, telah dilakukan pengujian blackbox dan fungsioanalitas mendapatkan hasil bahwa media pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai fitur yang direncanakan. verifikasi dilakukan pada ahli media dan ahli materi mendapatkan hasil 90,45% dan 92,73%. Uji coba pengguna telah dilakukan dan mendapatkan hasil sebesar 82,50% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah rancang valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi Limit Fungsi. Kata Kunci: differentiated instruction; media pembelajaran; mobile learning DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp245-260
Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Zakiyah, Zulfa; Gunowibowo, Pentatito; Coesamin, M.
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effect of the Realistic Mathematics Education approach on mathematics conceptual understanding skill. The population in this study was all students in class VIII of SMP Negeri 20 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year, distributed into 10 classes. The sample for this research was students in class VIII-A as an experimental class consisting of 30 students and VIII-C as a control class consisting of 29 students selected using a purposive random sampling technique. The research design used was a pretest-posttest control group design. Based on the results of the t-test, it was found that the average ability to mathematics conceptual understanding skill of students who took learning using the Realistic Mathematics Education approach was higher than the average mathematics conceptual understanding skill of students who took conventional learning. Thus, learning with the Realistic Mathematics Education approach influences mathematics conceptual understanding skill. Keywords: influence; mathematics conceptual understanding skill; realistic mathematics education AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen lembar tes pemahaman konsep matematis yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi daripada ratarata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: pengaruh; pemahaman konsep matematis siswa; realistic mathematics educationDOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp75-88
Upaya Mengatasi Masalah Berhitung Peserta Ddidik di Tingkat Sekolah Dasar Melalui Pengembangan Game Fish Math Berbasis Construct 2 Sabilla, Nur Isma; Ahmadi, Ahmadi; Rokhman, Moh. Shaefur
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 11, No 3 (2023): SEPTEMBER-OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to develop an interesting fish math game educational game based on construct 2 in an effort to overcome students' counting problems that meet validity, practicality, and effectiveness. This research is a development research (Research and Development / R & D) with a 4D development model by Thiagarajan which includes define, design, develop, disseminate. However, this research is only limited to the development stage. Data collection techniques use interviews, questionnaires, and tests. Validation is carried out by material experts, media experts, and educational practitioners. The media developed was limited to 10 grade VI students of SD Negeri Jatilawang 02, Kramat District, Tegal Regency. From the validation results of this fish math educational game, it shows the percentage of validity from the average total validation of 90% with very valid criteria. And the results of the pretest and posttest calculated using the t test with α = 0.05 then criterion using n-gain resulted in a percentage of 76.65% with effective criteria. This final product is an educational game fish math game based on construct 2 that is interesting and fulfills validity, practicality, and effectiveness in an effort to overcome students' counting problems. Keywords: construct 2; development; game education; numeracy problems AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi game fish math yang menarik berbasis construct 2 dalam upaya mengatasi masalah berhitung peserta didik yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yaitu meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Akan tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes.Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Media yang dikembangkan diujicoba terbatas kepada 10 peserta didik kelas VI SD Negeri Jatilawang 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Dari hasil validasi game edukasi fish math ini menunjukkan persentase kevalidan dari rata-rata total validasi sebesar 90% dengan kriteria sangat valid. Dan hasil dari pretest dan posttest yang dihitung menggunakan uji t dengan α = 0,05 kemudian dikriteriakan menggunakan n-gain menghasilkan persentase 76,65% dengan kriteria efektif. Produk akhir ini berupa game edukasi game fish math berbasis construct 2 yang menarik dan memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam upaya mengatasi masalah berhitung peserta didik. Kata Kunci: construct 2; game edukasi; masalah berhitung; pengembangan DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp181-192
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Larasati, Anggi; Sulistyono, Bambang Agus; Samijo, Samijo
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 2 (2024): JUNI-JULI 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by the low problem solving abilities of students in solving mathematical problems in quadratic equation material, this is caused by the use of a learning model that is still teacher-centered and does not provide students with opportunities to be actively involved in solving problems independently so that students' problem solving abilities are still low. Based on this, this research applies a problem-based learning model. The research method used is a quantitative method using the One-Group Pretest Posttest Design experimental design method. Research data was obtained from the results of observation sheets, student response questionnaires and Pretest Posttest. The data analysis used in this research uses descriptive statistics, which are then presented through tables and diagrams. The results of the research show that the application of the problem-based learning model is good to apply with an average observation result of 95.39% and student responses reaching 83. 84%. In addition, students' problem-solving abilities have increased in the four Polya indicators, namely understanding the problem (18%), making a problem-solving plan (43%), implementing the problem-solving plan (67%), checking again and drawing conclusions (86%). Based on the results of this research, the problem-based learning model is good to apply and can improve students' problem solving abilities in quadratic equation material. Keyword: problem based learning; problem solving skill; quadratic equations  AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat, hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah secara mandiri sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain One-Group Pretest Posttest Design. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi, angket respon siswa dan Pretest Posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan adalah statistik deskriptif, yang kemudian dipresentasikan melalui tabel dan diagram.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah baik untuk diterapkan dengan rata-rata hasil observasi sebesar 95,39% dan respon siswa mencapai 83,84%. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan pada keempat indikator Polya, yaitu memahami masalah (18%), membuat rencana pemecahan masalah (43%), melaksanakan rencana pemecahan masalah (67%), memeriksa kembali dan menarik kesimpulan (86%). Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran berbasis masalah baik untuk diterapkan dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran berbasis masalah; persamaan kuadrat DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i2.pp138-148
Topik Matematika yang Sulit Diajarkan oleh Guru SMP: Sebuah Penelitian Survei Umar, Ali; B, Firmansyah; Lubis, Nur Ainun
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 11, No 4 (2023): DESEMBER 2023 - JANUARI 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mathematics is a crucial subject for students, yet teachers face unique challenges when effectively teaching it. The aim of this research was to identify the topics that were most challenging to be taught by junior high school mathematics teachers to students and the reasons why those topics were difficult to teach. A quantitative survey method was employed, involving 29 active junior high school mathematics teachers participating in the Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP activities in Aceh Tengah Regency, Indonesia. The research findings revealed that geometry was the most challenging topic for teachers to teach, followed by statistics as the second and third most challenging topics chosen by the respondents, while numbers were comparatively easier to teach than other topics. The most dominant factor that contributed to the difficulty of teaching a topic was the lack of adequate teaching aids, followed by teachers' struggles to meet the diverse needs of students and their search for effective teaching strategies. Conversely, teachers' personal preferences for a topic were found to have had the least impact on the difficulty of teaching it. This research provided insights into the challenges faced by mathematics educators and suggested potential areas for improvement in mathematics. education.Keywords: difficult topics; mathematics learning; teacher challenges; teaching challenges AbstrakMatematika adalah mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa, namun disisi lain guru memiliki tantangan tersendiri dalam mengajarkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi topik yang paling sulit diajarkan oleh guru matematika SMP kepada siswa dan penyebab topik tersebut sulit untuk diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain survei dengan jumlah responden 29 orang guru SMP yang aktif mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika di Kabupaten Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan menggunakan google form. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa geometri adalah topik tersulit pertama untuk diajarkan oleh guru, diikuti oleh statistika sebagai topik kedua dan ketiga yang dipilih responden, sedangkan bilangan adalah topik termudah untuk diajarkan dibandingkan topik yang lain. Sementara faktor yang paling dominan penyebab sulitnya sebuah topik untuk diajarkan adalah kurangnya alat peraga yang memadai, guru kesulitan memenuhi kebutuhan siswa yang beragam dan belum menemukan strategi yang tepat. sedangkan faktor yang paling tidak berdampak adalah ketidaksenangan guru terhadap sebuah topik.Kata Kunci: kesulitan guru; pe mbelajaran matematika; tantangan pengajaran; topik sulit DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp261-273
Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Logaritma Melalui Media Pembelajaran LOGAMATHICS Purnama, Sephia Rahayu; Santia, Ika; Hima, Lina Rihatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 2 (2024): JUNI-JULI 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan media pembelajaran LOGAMATHICS pada materi logaritma. Media pembelajaran LOGAMATHICS (Logarithm of Mathematics) merupakan aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh guru sebagai alat untuk mempermudah siswa dalam memahami materi logaritma. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Plemahan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pemahaman konsep siswa melalui pretest dan posttest. Analisis data penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data telah terdistribusi normal dan memperoleh kategori “Sedang” dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,59 serta pada uji paired sample t-test diperoleh nilai  yang berarti  ditolak dan  diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LOGAMATHICS efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi logaritma.
Profil Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear dan Matriks Mata Kuliah Aljabar Linear Siregar, Hesty Marwani
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 11, No 3 (2023): SEPTEMBER-OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractLinear Algebra is one of the mathematical subjects that students majoring in Mathematics Education need to master, as it has connections with other fields, other mathematical topics, and plays a role in solving everyday life problems. Previous research indicates that the achievement of learning outcomes in Linear Algebra still needs further optimization. Therefore, this research was conducted with the aim of assessing the achievement of learning outcomes in Linear Algebra, specifically in the topics of Systems of Linear Equations and Matrices. This research utilized a qualitative descriptive research method. Data was collected through a linear algebra test comprising four questions related to Systems of Linear Equations (SLE) and matrices. Subsequently, the percentage of student learning outcomes achievement for each question and the total score were calculated and interpreted. The results of this study indicate that the overall learning outcomes of students fall into the moderate category with a percentage of 50.51%. When examining each individual question, three questions fall into the moderate category, while one question falls into the high category. Keywords:  linear algebra; mathematics learning outcomes; matrix; system of linear equations AbstrakAljabar Linear merupakan salah satu materi matematika yang perlu dikuasai mahasiswa Pendidikan Matematika karena memiliki keterkaitan dengan bidang lain, materi matematika lainnya, ataupun berperan dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar Aljabar Linear masih perlu dioptimalkan lagi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar Aljabar Linear pada materi Sistem Persamaan Linear dan Matriks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes aljabar linear dengan materinya Sistem Persamaan Linear (SPL) dan matriks, yang terdiri dari 4 soal. Selanjutnya dihitung persentase pencapaian hasil belajar mahasiswa di tiap butir soal, dan pada skor totalnya, serta diinterpretasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 50,51%. Dilihat dari masing-masing butir soal, 3 soal berada pada kategori sedang, sedangkan 1 soal lainnya berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: aljabar linear; hasil belajar matematika; matriks; sistem persamaan linear  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp193-203 
Kebutuhan Penggunaan Media Berupa Video Pembelajaran Matematika bagi Siswa Tunagrahita Agustina, Rina; Rahmawati ES, Yeni
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In studying integer arithmetic operations, mentally retarded students use more learning using teaching materials that are still abstract and difficult to understand. The purpose of this study was to analyze the need for media use in the form of mathematics learning videos for mentally retarded students. This type of research is descriptive qualitative research. The data sources for this study were 3 teachers who taught mentally retarded students in class III elementary school (SD) at SDLB Negeri Metro. The instruments in this study were a needs questionnaire for the development of instructional video media, observation sheets and interview guidelines. Data collection techniques in this study were carried out by distributing questionnaires, observations, and interviews. Based on the results of the analysis and discussion, it can be interpreted that: (1) Media is needed in the form of mathematics learning videos that are in accordance with the conditions of mentally retarded students, (2) already know the numbers 1 to 10 and can add up to a value of 10, (3) it is still possible to use learning media with teacher guidance, and (4) students are more interested in using learning videos in learning mathematics. Keywords: mathematics; mentally disabled students; tutorial video AbstrakDalam mempelajari operasi hitung bilangan bulat, siswa tunagrahita lebih banyak menggunakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang masih bersifat abstrak dan sulit dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan penggunaan media berupa video pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 3 orang guru yang mengajar siswa tunagrahita kelas III Sekolah Dasar (SD) SDLB Negeri Metro. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan pengembangan media video pembelajaran, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diartikan bahwa: (1) Diperlukan media berupa video pembelajaran matematika yang sesuai dengan kondisi siswa tunagrahita, (2) sudah mengetahui angka 1 sampai 10 dan dapat dijumlahkan hingga bernilai 10, (3) masih memungkinkan untuk menggunakan media pembelajaran dengan bimbingan guru, dan (4) siswa lebih tertarik menggunakan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci: matematika; siswa tunagrahita; video tutorial DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp1-10
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Disertai Motivasi Bergambar pada Materi Himpunan Ariska, Merina; Linuhung, Nego
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 12, No 2 (2024): JUNI-JULI 2024
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Developing inquiry-based Student Worksheets (LKPD) accompanied by pictorial motivation, it is hoped that students will be more interested and motivated to learn, more active, and able to learn independently, especially mathematics subjects. This research aims to develop inquiry-based LKPD accompanied by pictorial motivation. This development research uses a qualitative approach. The development model used according to Thiagarajan is the 4-D model consisting of the Define, Design, Develop and Disseminate stages. LKPD eligibility is indicated if the LKPD eligibility value is > 61%. The targets for research on the development of inquiry-based LKPD accompanied by pictorial motivation in this collection of material were 12 junior high school (SMP) students. The validation that has been carried out shows that the feasibility level of inquiry-based LKPD accompanied by pictorial motivation in terms of design, material and language is 80.78%. The level of inquiry-based readability accompanied by pictorial motivation based on student responses was 91.67%. This percentage is categorized as very strong, so that inquiry-based LKPD accompanied by pictorial motivation is declared suitable for use in learning.  Keywords: inquiry; motivation; pictorial; student worksheets AbstrakPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri yang disertai motivasi bergambar, diharapkan peserta didik lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar, lebih aktif, dan dapat belajar secara mandiri khususnya mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri disertai motivasi bergambar. Penelitian pengembangan ini melalui pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan menurut Thiagarajan yaitu model 4-D terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Kelayakan LKPD ditunjukkan apabila nilai kelayakan LKPD > 61%. Sasaran dalam penelitian pengembangan LKPD berbasis inkuiri disertai motivasi bergambar pada materi himpunan ini adalah peserta didik sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 12 anak.  Validasi yang telah dilakukan menunjukkan tingkat kelayakan LKPD berbasis inkuiri disertai motivasi bergambar dari segi desain, materi, dan kebahasaan sebesar 80,78%. Tingkat keterbacaan berbasis inkuiri disertai motivasi bergambar berdasarkan respon peserta didik yaitu sebesar 91,67%. Persentase tersebut terkategori sangat kuat, sehingga LKPD berbasis inkuiri disertai motivasi bergambar dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: gambar; inkuiri; motivasi; pengembangan LKPD DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i2.pp98-110 
Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Ddidik Kelas V SD Destini, Frida; Muncarno, Muncarno; Astuti, Nelly; Lolyana, Lolyana; Profithasari, Nindy; Irsyadina, Hida Laila
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG Vol 11, No 3 (2023): SEPTEMBER-OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of V grade students at SD Negeri 1 Bandar Agung. This study aims to determine the effect of using a project based learning model with audio visual media on the mathematics learning outcomes of fifth grade students. This type of research is quantitative research with an experimental approach. type of quasi-experimental method (quasi experiment design) with the form of Non-equivalent Control Group Design. The population and sample in this study were all V grade students at SD Negeri 1 Bandar Agung, totaling 54 students. Data collection techniques were carried out using multiple choice tests and non-tests in the form of observation and documentation studies. The data analysis technique uses a simple linear regression test. The results of calculations to test the hypothesis through a simple linear regression test show that Ha is accepted, which means that there is an effect of using the project based learning model with audio-visual media on the mathematics learning outcomes of grade V students at SD Negeri 1 Bandar Agung. Keywords: learning outcomes; project based learning model; students  AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Bandar Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model project based learning dengan media audio visual terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, jenis metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bandar Agung yang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa pilihan jamak dan non tes berupa observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil perhitungan untuk menguji hipotesis melalui uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model project based learning dengan media audio visual terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bandar Agung. Kata Kunci: hasil belajar; model project based learning; peserta didik  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp216-228

Page 1 of 2 | Total Record : 13