Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 3, No 6 (2024): September

Pengajaran Pelafalan Bunyi-Bunyi Frikatif dengan Repetition Drill Untuk Siswa-Siswi SMP Negeri di Kawasan Teluk Tomini

Dako, Rahman Taufiqrianto (Unknown)
Podungge, Rusni (Unknown)
Danial, Haris (Unknown)
Hasiru, Erfina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk kepedulian dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran bahasa. Secara khusus kegiatan ini adalah upaya untuk memudahkan siswa dalam pelafalan bunyi-bunyi frikatif  bahasa Inggris dengan sebuah teknik, yakni repetition drill. Pengajaran pelafalan bunyi-bunyi frikatif ditempuh dengan memberikan pasangan minimal untuk masing-masing bunyi frikatif. Target atau sasaran kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah siswa-siswi kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Kota Gorontalo yang berada di kawasan teluk Tomini. Sementara untuk luarannya adalah skill Pronunciation atau pelafalan yang harus dimiliki oleh siswa khususnya siswa-siswi sekolah menengah pertama. Hasil Kegiatan  menunjukkan bahwa repetition drilldengan pasangan minimal kata dapat  membantu siswa di dalam membangun skil individu dalam pelafalan bunyi-bunyi frikatif  bahasa Inggris. Para siswa sangat tertantang dan menyukai cara pelafalan bunyi-bunyi frikatif melalui repetition drill pasangan minimal kata.

Copyrights © 2024