JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN


Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem Kelas VII di SMP Negeri 7 Lubuklinggau

Prastiawati, Angesta Catur (Unknown)
Arisandy, Destien Atmi (Unknown)
Jayati, Ria Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem untuk Kelas VII di SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan uji validitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi desain berada pada kategori valid dengan nilai persentase 75% berada pada kategori valid. Hasil validasi bahasa berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase 90% berada pada kategori sangat valid. Hasil validasi materi berada pada kategori sangat valid dengan nilai persentase 97% berada pada kategori sangat valid. Uji kepraktisan untuk guru IPA dengan persentase 80% berada pada kategori praktis, kemudian pada uji coba siswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 27,8 berada pada kategori praktis. Terakhir pada uji coba siswa kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 28,9 berada pada kategori praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...