Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 5 (2022)

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab melalui Penggunaan Media Power Point

Afifah, Nurul (Unknown)
Ahkas, Akmal Walad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Media pembelajaran Power Point merupakan salah dari sekian banyak media dalam pembelajaran. Power Point dapat menjadi salah satu pilihan guru untuk menyampaikan pembelajaran bahasa arab agar lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif pada pembelajaran bahasa arab melalui penggunaan media power point pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Deli Serdang. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil evaluasi siswa dalam pembelajaran bahasa arab, berdasarkan hipotesis peneliti salah satu penyebabnya adalah kuranng mampunya guru memilih media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, dan tes yang diberikan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu sebesar 76.4 dengan ketuntasan 62.5%, kemudian pada siklus II rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 89.3 dengan ketuntasan sebesar 91%. Berdasarkan perbandingan kedua siklus dapat dilihat terjadi peningkatan sebesar 28.5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran bahasa arab mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...