Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

PENGARUH MULTIMETODE TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN SISWA KELAS VII MTS SYARIF AR-RASYID

Anwar, Rizki (Unknown)
Nasution, Hasnil Aida (Unknown)
Warda, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran baca tulis Alquran di MTs Syarif Ar-Rasyid, 2) Kemampuan baca tulis Alquran siswa kelas VII dengan penerapan multimetode, 3) Pengaruh multimetode terhadap kemampuan baca tulis Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan multimetode dalam pembelajaran baca tulis Alquran di MTs Syarif Ar-Rasyid melibatkan metode iqro’, baghdady, qira’ati, barqy, dan tilawati. Rata-rata hasil angket menunjukkan bahwa siswa senang dan cenderung sangat senang dengan multimetode, dengan skor 3,8. 2) Kemampuan baca tulis Alquran siswa rata-rata sebesar 3,2, yang menunjukkan bahwa siswa sudah mampu, namun masih perlu ditingkatkan. 3) Penggunaan multimetode memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan baca tulis Alquran, ditunjukkan oleh hasil thitung > ttabel (t 80,57 > t 1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimetode berpengaruh terhadap kemampuan baca tulis Alquran siswa kelas VII di MTs Syarif Ar-Rasyid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...