Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMK SWASTA MANDIRI

Siregar, Afnita Marni (Unknown)
Suryani, Ira (Unknown)
Syarqawi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mengidentifikasi upaya guru bimbingan dan konseling melalui pendekatan behavioral dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Swasta Mandiri dan faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa di SMK Swasta Mandiri. Metodologi deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, temuan penelitian yakni upaya guru bimbingan dan konseling melalui pendekatan behavioral dalam pembinaan akhlak siswa yaitu memberikan punishment dan reward. Faktor pendukung dalam membina akhlak yaitu dukungan kepala sekolah, adanya kerjasama wali kelas dengan guru bimbingan dan konseling, sedangkan faktor penghambat dalam membina akhlak yaitu lingkungan sosial keluarga, lingkungan sosial sekolah dan media sosial. Pembinaan akhlak di sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah, guru wali kelas terutama guru bimbingan dan konseling. Implikasi upaya yang diberikan guru bimbingan dan konseling sangat membantu dalam membina akhlak siswa, sehingga siswa menjadi individu yang berakhlak baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...