Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Kualitas Pelayanan serta Prosedur Pajak di wilayah Kabupaten Bekasi, melakukan penelitian langsung terhadap kantor pelayanan pajak pratama, penelitian terhadap data statistik, penyebaran kuisioner dibeberapa usaha baik kecil, menengah, dan besar dimana populasi yang diambil sebanyak 100 badan usaha yang telah terdaftar sebagai PKP, serta pencatatan Wajib Pajak Badan Kabupaten Bekasi. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi kesesuaian anatara kontribusi kualitas pelayanan serta prosedur pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan bantuan SPSS . Hasil dari penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji t dan uji F menunjukan bahwa kualitas pelayanan pajak serta prosedur pajak berkontribusi signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan dimana pelayanan yang informatif, dan komunikatif, sampai proses pendataan berkontribusi positif dan signifikan secara simultan terhadap kepatuhan para wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak. Dalam uji koefisien determinasi didapatkan hasil data variabel independent (Pelayanan dan Prosedural) terhadap variabel dependent (Kepatuhan Wajib Pajak Badan) sebesar 0,642 atau 64.2% dan sisanya 35.8% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.
Copyrights © 2024