SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 3 No. 10 (2024): SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah, Oktober 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS IV SD INPRES KUANINO 2

Kohetae, Marsen (Unknown)
Sampe, Markus (Unknown)
Margareta, Karus M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan  model pembelajaran Cooperative Integretad Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk  meningkatkan kemampuan membaca cerpen kelas IV SD Inpres Kuanino 2 menggunakan model pembelajaran Cooperative Integretad Reading Composition (CIRC). Metode  yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dianalisis secara kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Kuanino 2. Hasil penelitian memunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu : 76,35 dan meningkat pada siklus II yaitu : 83,93. Pada siklius I ketuntasan hasil belajar 68.18%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat mencapai 81,81%  atau hasil yang diperoleh melebihi indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi membaca cerpen menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Compisition pada pembelajaran di kelas IV SD Inpres Kuanino 2 mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sentri

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah is a peer-review journal that could be access to the public, provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews ...