Pelanggan yang puas dan loyal akan menjadikan peluang yang baik untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan suatu produk memang harus dipuaskan, karena jika mereka tidak mendapatkan kepuasan dari produk yang ditawarkan, bisa jadi mereka akan meninggalkan produk tersebut dan akan menjadi pelanggan pada produk pesaing lainnya, hal ini akan menyebabkan penurunan penjualan dan pada gilirannya akan menurunkan laba, bahkan kerugian sekalipun. Mengukur tingkat kepuasan pelanggan tidaklah mudah, data yang diperoleh harus bersifat subjektif, sesuai dengan jawaban para responden menurut pengalaman mereka, dalam menggunakan suatu jenis produk tertentu. Seperti penjualan pada kartu perdana Tri, para pelanggan tentunya mempunyai pilihan masing-masing dalam memilih operator yang akan mereka pakai/gunakan. Oleh karena itu tingkat kepuasan pelanggan sangat tergantung pada mutu suatu produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian terhadap penjualan kartu perdana Tri di beberapa konter dan masyarakat yang menggunakan provider tersebut, di Kecamatan Pontianak Timur. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pemakaian, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai t hitung 10,802 lebih besar dari nilai t tabel 1,984. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pemakaian kartu perdana Tri.
Copyrights © 2024