Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Toko Kelontong Dalam Menghadapi Perkembangan Perusahaan Ritel Di Kabupaten Kubu Raya. Kemunculan perusahaan ritel memicu persaingan baru pada pelaku usaha toko kelontong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada 4 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan isntrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan para pelaku usaha toko kelontong adalah bauran pemasaran (Marketing Mix) dengan: 1)Produk: barang yang tersedia selalu diperbarui yang disesuaikan dengan permintaan konsumen, 2)Harga: harga yang diterapkan lebih murah/lebih miring dibandingkan di perusahaan ritel, 3)Promosi: promosinya masih menggunakan cara face to face dan menggunakan media sosial, 4)Lokasi/Distribusi: lokasinya strategis dekat dengan jalan raya dan pendistribusiannya dengan menjual secara ecer yang bisa dijual kembali oleh konsumennya.
Copyrights © 2024