Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus - September 2024)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis AR (Augmented Reality) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V di SDN Ciracas 01 Pagi

Dian Nur Aini (Unknown)
Zulfadewina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya augmented reality (AR), telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa dengan cara yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V dalam mempelajari siklus air. Siklus air dipilih sebagai topik penelitian karena pentingnya pemahaman ini dalam memahami fenomena alam, termasuk ekosistem dan perubahan iklim. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan AR dalam meningkatkan pemahaman konsep siklus air dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Ciracas 01 Jakarta Timur. Penelitian juga bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan AR dibandingkan dengan metode konvensional yang lebih tradisional. Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan hanya post-test control group design. Dua kelas dipilih secara acak untuk menjadi kelompok kontrol (kelas V-B) dan kelompok eksperimen (kelas V-C). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, serta sesi pembelajaran dengan AR selama tiga sesi pembelajaran. Data yang dikumpulkan meliputi hasil tes akhir dari kedua kelompok untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap siklus air. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan AR dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep siklus air dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 81,03. Di sisi lain, kelompok kontrol menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar yang lebih rendah sebesar 66,68. Analisis statistik menggunakan uji t-test menghasilkan nilai t-hitungan sebesar 6,361, yang secara signifikan lebih tinggi dari nilai t-tabel yang diharapkan sebesar 2,006, menunjukkan bahwa penggunaan AR secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami siklus air.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...