AGROVITAL : Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 9, No 1 (2024): AGROVITAL VOLUME 9, NOMOR 1, MEI 2024

STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK COKLAT DI CV PUTRA MATARAM KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Mukti, Abd (Unknown)
Kusmiah, Nurhaya (Unknown)
Alfiani, St Hijrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat untuk pasar coklat CV Putra Mataram di desa Sidorejo. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT dengan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary), dapat diketahui faktor lingkungan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan pasar coklat CV Putra Mataram. . Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa posisi strategis yang menjadi fokus adalah posisi strategis dalam mengembangkan pasar coklat CV Putra Mataram, khususnya menggunakan strategi SO (Sternght-Opportunity), yaitu Gunakan segala kekuatan dan manfaatkan peluang.               Peluang pemasaran yang dimiliki oleh Pengembangan Pasar Coklat CV Putra Mataram sebesar 2,12 lebih besar dari nilai Faktor Ancaman sebesar 1,23 bila mempertimbangkan potensi dan nilai peluang Pengembangan Pasar Coklat CV Putra Mataram Faktor Kekuatan lebih tinggi 2,18 dari faktor kelemahan, 1,02 dengan memeriksa hasilnya Dari analisis strategi internal menunjukkan bahwa faktor kekuatan dapat mendukung pengembangan pemasaran Coklat CV Putra Mataram dibandingkan dengan faktor lemah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agrovital

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Veterinary

Description

AGROVITAL adalah jurnal Fakultas Ilmu Pertanian Universitas Al Asyariah Mandar. Terbit berkala enam bulan sekali (Semester). Sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang Budidaya Tanaman, Ilmu Tanah Hama dan Penyakit Tanaman, Sosial Ekonomi Pertanian, Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan ...