JSSIT: Jurnal Sains dan Sains Terapan
Vol 2 No 2 (2024): JSSIT: Jurnal Sains dan Sains Terapan

Analisis Kadar Timbal (Pb) Terlarut Pada Air Sungai Batanghari Kota Jambi Menggunakan Metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA)

gusfi marni, lidia (Unknown)
Saputri, Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Air merupakan satu zat yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan setelah udara. Air banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan industri serta sarana dan prasarana lainnya. Banyaknya aktivitas manusia di lingkungan perairan tentu akan memberikan dampak negatif yaitu peningkatan kadar logam didalam air karena masukanya limbah yang berasal dari industri, pertanian, pertambangan serta domestik yang memiliki kandungan logam berat. Limbah yang mengandung logam berat seperti timbal yang tinggi dan melampauin baku mutu tentu akan mengakibatkan kerusakan dan mengganggu keseimbangan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi tingkat pecemaran yang terjadi pada sungai Batanghari yaitu berdasarkan berapa banyak kadar Timbal terlarut (Pb) dalam sungai Batanghari. Proses pengambilan sampel hanya dilakukan pada satu titik di daerah sepanjang sungai Batanghari yaitu tepat nya di desa Sekernan. Penelitian ini menggunakan parameter dalam pengujiannya yaitu dengan metode Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) secara tungku karbon. Hasil uji didapatkan bahwa air sungai Batanghari memenuhi baku mutu pada kelas I, II, dan III sesuai pada peraturan yang pemerintah tetapkan peraturan pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang pengelolaan kualitas air serta pengendalian pencemaran. Kadar logam timbal terlarut pada sungai Batangahari dengan pengujian duplo yang diperoleh yaitu 0,0195411 mg/L dan 0,20421 mg/L dengan indeks nilai rata- rata sebesar 0,01998115 mg/L. Kata kunci: Air sungai, spektrofotometer serapan atom (SSA), Timbal(Pb)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jssit

Publisher

Subject

Chemistry Physics

Description

Jurnal Sains dan Sains Terapan is a prestigious scientific publication dedicated to advancing knowledge and disseminating cutting-edge research in the fields of chemistry, physics, and their practical applications. With a commitment to excellence, the journal publishes two issues per year, providing ...