Transportasi online merupakan salah satu perkembangan layanan terkini. Dengan tingginya mobilitas penduduk di Indonesia membuat perusahaan transportasi online berlomba memberikan jenis layanan yang sama sehingga menimbulkan persaingan antar perusahaan transportasi online seperti Gojek dan Maxim. Para pengguna mengeluhkan bahwa peta aplikasi tidak diperbarui dan terkadang mengalami kesalahan sistem. Penelitian ini menggunakan metode usability testing sebagai pengukuran user experience. Usability Testing merupakan metode mengukur efisiensi, kemudahan dipelajari, dan kemampuan untuk mengingat bagaimana berinteraksi tanpa kesulitan atau kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan usability testing pada aplikasi Gojek & Maxim berdasarkan pengalaman pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kedua aplikasi variabel Efficiency, Memorability, Satisfaction mendapatkan nilai rata-rata diatas 3,00 yang tergolong kategori tinggi, sedangkan variabel Errors aplikasi maxim memiliki perbedaan signifikan dengan nilai 2,85 kategori sedang. Secara keseluruhan terdapat perbedaan usability testing pada aplikasi Gojek dan Maxim berdasarkan pengalaman pengguna di wilayah Kota Pekanbaru.
Copyrights © 2024