Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 8, No 2 (2024)

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS TEKNIK HOME ROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Nuzulia, Besse (Unknown)
Nelyahardi, Nelyahardi (Unknown)
Harahap, Nur Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Minat belajar merupakan faktor penting bagi siswa dalam mengembangkan keberhasilan belajar. Peningkatan minat belajar siswa dipengaruhi berbagai macam faktor, salah satunya adalah faktor peran guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kelompok melalui tekhnik home room. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif dari layanan bimbingan kelompok berbasis teknik home room terhadap minat belajar siswa . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan variasi pre-experimental one group pre-test-post-test. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa diperoleh sampel sebanyak 10 siswa (Satu kelompok ekperimen). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dengan jumlah item sebanyak 19 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persentase dan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum (pre-test) diberikan treatment sebesar 58,3% dan setelah diberikan treatment (post-test) sebesar 89,5%. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis teknik home room. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan Wilcoxon signed rank pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,005. Pvalue

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...