cover
Contact Name
Laode Muharam
Contact Email
jurnal_bening@uho.ac.id
Phone
+6285325030388
Journal Mail Official
jurnal_bening@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kendari, 93232. Telp. (0401) 3190607, HP: 085325030388
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25484222     EISSN : 27161765     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/bening
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 153 Documents
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 18 KENDARI Delima, Dewi; Binasar, Sudarmi Suud; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v2i1.10586

Abstract

Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi penyebab kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 18 Kendari. Jenis penelitian adalah  pre eksperimen dengan one group pre-test and post-test design. Subjek dalam  penelitian ini berjumlah 10 orang siswa. Analisis data yang digunakan pada peneltian ini adalah statistic non parametric dengan uji wilcoxon macth pairs. Setelah diperoleh data hasil dari angket pre-test dan post-test, maka selanjutnya dilakukan analisis dengan uji wilcoxon macth pairs dengan nilai Asym. Sig. (2 tailed) sebesar 0,005. Karena nilai sig. 0,005 < 0,05 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05, maka dapat disimpulkan pemberian layanan bimbingan kelompok berpengaruh  untuk mengatasi penyebab kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 18 Kendari. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL Rahayu, Rasni Sunarti Puspita; Suarni, Waode
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v5i1.12108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 1 Maginti. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre-test and post-test. Metode pengumpulan data menggunakan angket komunikasi interpersonal. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue< α (0,012 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 1 Maginti. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok
HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 KENDARI Eslianti, Eslianti; Muharam, La Ode; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v2i2.10638

Abstract

Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengetahui kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 3 Kendari, (2) untuk mengetahui kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Kendari, (3) untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirianbelajar siswa di SMP Negeri 3 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendari.Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil 70 siswa dengan teknik proportional random sampling sebanyak 25%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mayoritas kepercayaan diri berada pada kategori tinggi yaitu 79 %. 2) mayoritas kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi 74 %. 3) berdasarkan hasil penelitian diperoleh ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kendaridengan nilai koefisien korelasi(rxy) = 0,743 ( rhitung = 0,743> rtabel = 0,235). Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI SISWA SMP NEGERI 36 KONAWE SELATAN Devianasari, Devianasari; Suarni, Wa Ode; Aspin, Aspin
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v2i2.10643

Abstract

Tujuan penelitian: untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Kontrol Diri Siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan pendekatan Quasi eksperimen dan menggunakan desain One Group Pre test and Post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket Kontrol Diri. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa kontrol diri siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah. Sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Pvalue= 0,018. Pvalue< α (0,018 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam mengembangkan kontrol diri siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan Kata Kunci: Kontrol Diri, Bimbingan Kelompok.
LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESI SISWA SMP NEGERI 14 KENDARI Dewi, Ni Kadek Puspita; Aspin, Aspin; Arifyanto, Alber Tigor
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v2i2.10648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dapat mengatasi perilaku agresi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari melalui konseling kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre-test and post-test. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah konseling kelompok dapat mengatasi perilaku agresi siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Kendari. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket perilaku agresi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue  = 0,028. Pvalue < α (0,028 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dapat mengatasi perilaku agresi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari. Kata Kunci : Perilaku Agresi, Konseling Kelompok
EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI KARIER UNTUK MENUMBUHKAN MINAT STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMAN 1 TOARI Islahbuddin, Islahbuddin; Muharam, La Ode; Arifyanto, Alber Tigor
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v3i1.10653

Abstract

Tujuan penelitian: untuk mengetahui efektivitas layanan informasi karier dalam menumbuhkan minat studi lanjut ke perguruan tinggi siswa SMA Negeri 1 Toari. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa.Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Hipotesis penelitian ini adalah layanan informasi karier efektif dalam menumbuhkan minat studi lanjut ke perguruan tinggi siswa SMA Negeri 1 Toari. Metode pengumpulan data adalah menggunakan angket minat studi lanjut ke perguruan tinggi. Metode analisa data menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig. 0,01< nilai 0,05, ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa layanan informasi karier efektif dalam menumbuhkan minat studi lanjut keperguruan tinggi siswa SMA Negeri 1 Toari. Kata Kunci: Minat Studi Perguruan Tinggi, Layanan Informasi Karier
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 20 KONAWE SELATAN Mastina, Yertin; Aspin, Aspin; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v3i1.10659

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan, 2) untuk mengetahui gambaran kemandirian siswa di SMA Negeri 20 Konawe selatan, 3) untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dilaksankan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  SMA Negeri 20 Konawe Selatan dengan jumlah 352 orang. Dari populasi yang ada, diambil 20 % sampel penelitian dengan menggunakan proporsional random sampling sebanyak 70 orang.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) secara umum siswa yang memiliki konsep diri rendah, 2) secara umum siswa yang memperoleh kemandirian belajar  rendah, 3) ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan, hal ini dibuktikan dari nilai koefisien korelasi (rxy) = 0,580 (rhitung=0,580 > rtabel= 0,235) Kata Kunci: Konsep Diri, Kemandirian Belajar
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERNIKAHAN USIA DINI SISWA Nurwia, Nurwia; Muharam, La Ode; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10483

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pernikahan usia muda pada  siswa SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif  yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yang dilakukan secara holistik. Informasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru BK, satu orang guru wali kelas dan 5 0rang mantan siswa SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya pernikahan usia muda siswa SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah yaitu 1) ekonomi keluarga yang tergolong kategori kurang mampu, siswa bersedia menikah pada usia dini untuk membantuk ekonomi keluarga mereka, dengan pernikahan tersebut maka orang tua telah kehilangan tanggung jawab keuangan atas anak mereka 2) rendahnya kesadaran terhadap pentingnya pendidikan, rendahnya pemahaman tersebut dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan anak 3) faktor pengaruh lingkungan tempat tinggal. Kata Kunci: Faktor-faktor Penyebab Pernikahan, Usia Muda
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI Fatimaullah, Fatimaullah; Jahada, Jahada; Silondae, Dodi Priyatmo
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v3i1.10673

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik dalam penyelesaian tugas akhir pada mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo Kendari. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling beserta Dosen Pembimbing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, faktor penyebab yang berperan penting terhadap prokrastinasi akademik yaitu faktor internal, berupa motivasi dan daya juang yang rendah. Pada faktor eksternal, faktor gaya pengasuhan orang tua tidak terlalu berpengaruh, sedangkan faktor kondisi lingkungan dan faktor ekonomi yang merupakan faktor lain, sangat berpengaruh dan menyebabkan prokrastinasi akademik terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo Kendari. Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Penyelesaian Tugas Akhir
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU ALTRUISME SISWA Mesa, Nur Maya Reslia; Aspin, Aspin; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku altruisme siswa SMP Negeri 9 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimendengan desain One Group Pre Test and Post Test. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket perilaku altruisme. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa perilaku altruisme siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan 23,05%. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji Wilcoxon signed rank pada taraf signifikasi  diperoleh  = 0,012.  (0,012  0,05) dengan demikian layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan perilaku altruisme siswa. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan perilaku altruisme siswa SMP Negeri 9 Kendari. Kata Kunci: Perilaku Altruisme, Bimbingan Kelompok

Page 1 of 16 | Total Record : 153