Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Kreatifitas Guru Dan Siswa Dalam Upaya Melestarikan Kekayaan Dan Budaya Danau Toba Melalui Pembelajaran Biologi

Lubis, Retnita E (Unknown)
Djulia, Ely (Unknown)
Sapitri, Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey based land kawasan Danau Toba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kekayaan hayati yang ada di kawasan Danau Toba yang sudah dan belum digunakan dalam pembelajaran biologi dan baganimana kreativitas guru dan siswa dalam melestarikana kekayaan dan kebudayaan kawasan Danau Toba dalam pembelajaran biologi di SMA. Data diperoleh menggunakan angket dan lembar observasi pembelajaran dan observasi lingkungan sekolah. Hasil penelitian menyatakan tanaman khas yang ada diperairan Danau Toba di Kabupaten Balige adalah encen gondok dan hewan khas yang berada di perairan Danau Toba adalah ikan mas dan ikan mujahir. Upaya pembelajaran yang dilakukan berdasarkan pemanfaatan Danau Toba adalah dengan melakukan praktikum dan membuat kliping. Upaya pelestarian yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan tidak membuang sampah di Danau Toba lagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...