Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan
Vol. 1 No. 3 (2024): Juli - September

Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Di Perpustakaan Universitas Udayana Dengan Metode CSI (Customer Satisfaction Index) Dan IPA (Importance Performace Analysis)

A Rizal Rifandi (Unknown)
I Gusti Agung Kade Suriadi (Unknown)
Desak Ayu Sista Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Udayana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Udayana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Udayana, dari populasi tersebut ditentukan sampel berdasarkan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebesar 100 orang. Teknik analisis data menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan didapatkan nilai sebesar 78,66%, yang menunjukkan bahwa pemustaka sudah puas dengan layanan di Perpustakaan Universitas Udayana, namun belum maksimal secara keseluruhan sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk mengetahui atribut apa saja yang perlu diperbaiki dalam meningkatkan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan di Perpustakaan Universitas Udayana maka dilakukan analisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA).  Hasilnya atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki berada pada kuadran 1 yaitu ketepatan pencarian dan tata letak buku, kelengkapan ragam koleksi buku, dan peralatan pendukung belajar (stopkontak, meja, kursi, rak, dan sebagainya).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpst

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan (E-ISSN : 3031-7983 ) Diterbitkan CV.ITTC INDONESIA adalah yang berisi artikel ilmiah, kajian teoritis dan empiris hasil penelitian mahasiswa, akademisi maupun praktisi di bidang Pendidikan IPA dan Sains Terapan yang dapat diimplementasikan dalam konteks ...