Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD N Joho 02 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas 4 SD N Joho 02 yang berjumlah 3 siswa, terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskripsi presentase dari hasil belajar IPAS saat pra siklus dan setelah siklus. Hasil rata-rata yang diperoleh siswa dalam satu kelas sebelum dilakukan siklus adalah 43 dengan keterangan tidak ada yang nilainya mencapai ketuntasan minimum. Pada siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata yaitu 60 dengan 1 siswa atau 33% yang mencapai KKM 75. Adapun pada siklus II semakin mengalami peningkatan dimana 2 siswa atau 67% tuntas belajar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 67% dari seluruh siswa di kelas mencapai KKM ≥ 75. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD N Joho 02 tahun pelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023