SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SD N JOHO 02

Endang Safitri (Unknown)
Candra Dewi (Unknown)
Supandi Supandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD N Joho 02 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas 4 SD N Joho 02 yang berjumlah 3 siswa, terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskripsi presentase dari hasil belajar IPAS saat pra siklus dan setelah siklus. Hasil rata-rata yang diperoleh siswa dalam satu kelas sebelum dilakukan siklus adalah 43 dengan keterangan tidak ada yang nilainya mencapai ketuntasan minimum. Pada siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata yaitu 60 dengan 1 siswa atau 33% yang mencapai KKM 75. Adapun pada siklus II semakin mengalami peningkatan dimana 2 siswa atau 67% tuntas belajar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 67% dari seluruh siswa di kelas mencapai KKM ≥ 75. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD N Joho 02 tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...