SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA

Kharisma Nur Septiani (Universitas PGRI Madiun)
Dahlia Novarianing Asri (Universitas PGRI Madiun)
Asroful Kadafi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas  konseling kelompok teknik Socrates untuk meningkatkan self awareness siswa. Penelitian dilakukan di SMK Gamaliel 1 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one grup pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswa kelas XI SMK Gamaliel 1 Madiun. Sampel penelitian ini yaitu 6 siswa dari kelas XI SMK Gamaliel 1 Madiun. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu  menggunakan skala psikologi berupa skala self awareness. Peneliti menggunakan metode analisis statistik nonparametris dengan uji wilcoxon, untuk menganalisis hasil eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sign (2 tailed) adalah 0,026 dimana 0,026 < 0,05, yang berarti 0,026 kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik Socrates efektif untuk meningkatkan self awareness siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...