SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 3 SDN 01 Taman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Zahra Khusnati (Unknown)
Endang Sri Maruti (Unknown)
Melik Budiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 3 SDN 01 Taman pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan deskriptif mencoba menggambarkan kemampuan membaca pemahaman dan keterbatasan siswa  dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Taman Kota Madiun pada siswa kelas 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Sudi ini menyoroti betapa pentingnya membaca bagi pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari siswa, dan betapa pentingnya bagi guru untuk memiliki pengetahuan tentang bahan bacaan dan mampu mengelola pembelajaran dan kemampuan membaca siswa. Terdapat beberapa siswa di SDN 01 Taman kelas 3 yang kurang memiliki keterampilan membaca pemahaman yang baik, dan beberapa siswa merasa kesulitan untuk menginterpretasikan atau memahami bacaan dan menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...