SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 1 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Pemanfaatan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipas Guna Meningkatkan Hasil Belajar

Ryzca Siti Qomariyah (Universitas Panca Marga)
Putri Fatimattus Az Zahra (Universitas Panca Marga)
Ika Putri Fadila (Universitas Panca Marga)
Adenita Faradilla (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Mengajar dan belajar adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran pendidik memegang kendali penuh dan berperan penting. Keberhasilan suatu pembelajaran tergantung pada kreativitas Pendidik dalam pengelolaan pembelajaran. Kinerja buruk siswa kelas lima di SD Al Amin dalam sains mengilhami penelitian ini. Hal ini disebabkan karena Pendidik hanya memanfaatkan metode pembelajaran berbasis ceramah dan tanya jawab saja. Sedangkan pembelajaran IPAS ini sangat membutuhkan keterampilan pengelolaan materi pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis serta kreatif dari peserta didiknya. Untuk itu, karena kendala tersebut maka digunakan strategi pembelajaran mind mapping. Teknik PTK (Penelitian Tindakan Kelas) digunakan untuk melakukan penelitian ini. dengan analisis datanya menggunakan metode kualitatif. Pengaplikasian metode Mind Mapping Ini berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...