SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Efisiensi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMPN 161 Jakarta

Zahara Cahya Septiani (Unknown)
Khaerunnisa Khaerunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk pemenuhan kebutuhan dasar hidup manusia. Dalam pendidikan tidak pernah terlepas dari proses pembelajaran dan pengajaran yang diberikan oleh guru. Kehadiran Kurikulum Merdeka juga sangat berpengaruh pada pembelajaran serta pengajaran. Dengan adanya Kurikulum Merdeka yang memberikan kebebasan kepada siswa dalam kegiatan belajarnya menjadikan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Bahasa Indonesia kelas VII dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Wawancara. Dari hasil penelitian ini terdapat efisiensi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran dan pengajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 161 Jakarta yang memberikan pembelajaran sesuai dengan fasenya yang mengarah pada softskill dan holistik siswa. Kurikulum merdeka dibangun sesuai dengan kebutuhan siswa, pada pengembangan kurikulum ini siswa menjadi fokus utama dalam hal pembelajaran maupun pengajaran. Hal itu dapat menghasilkan siswa yang mampu berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, mampu menanggapi diskusi, dan mampu berkomunikasi yang baik, sehingga mempunyai karakter yang bagus dalam olah bahasa yang dilakukan pada pembelajaran dan pengajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...