Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai- nilai demokrasi pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan karakter demokratis siswa kelas 8 di SMP Negeri 11 Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian terdiri dari guru PKn dan siswa kelas 8 SMP Negeri 11 Madiun tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan secara natural setting, menggunakan data sekunder dan primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasar pada teori zamroni bahwa Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan demokrasi dengan mempersiapkan warga negara untuk berpikir kritis, merespon dan bertindak secara demokratis. Implementasi nilai- nilai demokrasi di SMP Negeri 11 Madiun dikembangkan dalam pembelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran PKn efektif digunakan untuk implementasi nilai – nilai demokrasi di SMP Negeri 11 Madiun. Ditunjukkan dengan adanya perubahan baik karakter demokrastis yang ada pada diri siswa. hampir semua siswa kelas 8 memahami nilai- nilai demokrasi, dan siswa sudah berperilaku demokratis dengan aspek nilai yang diterapkan yaitu siwa menjadi aktif, disiplin, tanggung jawab dan memiliki keberanian.
Copyrights © 2022