Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames menggunakan model pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 tahap (siklus). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Siswa diberikan materi dan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis projek, kemudian diwajibkan menulis cerita pendek berdasarkan kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data berupa penilaian menulis cerpen. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif yang memiliki sifat deskriptif. Hasil tes dan analisis yang dilakukan mengalami peningkatan pada siswa kelas XI C SMA Negeri 1 Nglames denganĀ hasil tes pada siklus I dengan perolehan nilai ketuntasan 19 orang dan siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan sebanyak 15 orang kemudian meningkat pada siklus II dengan perolehan nilai ketuntasan sebanyak 30 orang dan tidak tuntas hanya sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis projek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa. Siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis projek menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis cerita pendek, baik dalam aspek struktur, gaya, dan isi cerita.
Copyrights © 2024