SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) berbantuan media manipulatif stick terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SD

Deva Putri Alisa (Universitas PGRI Madiun)
Octarina Hidayatus Sholikhah (Universitas PGRI Madiun)
Liya Atika Anggrasari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif Stick terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SDN 02 Pandean Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain pada penelitian ini yaitu Quasi Experimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan analisis data post test thitung(8,039)>ttabel(2,024) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga hasil keputusan hipotesis pada penelitian ini setelah diberi perlakuan dinyatakan bahwa “model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif Stick berpengaruh terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SDN 02 Pandean Kota Madiun. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media manipulatif Stick terhadap keterampilan berhitung siswa kelas V SDN 02 Pandean Kota Madiun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...