Media pembelajaran yang variatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, hal ini belum terjadi di SDN Ngale 4 karena guru kurang variatif dalam menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Magic Box berbasis Culture Learning untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik kelas V SDN Ngale 4. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngale 4 yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi, dan pertanyaan evaluasi. Ada dua teknik analisis data yang digunakan, yaitu: a) kualitatif mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data; b) kuantitatif yaitu dimana dilakukan perhitungan untuk mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan media Magic Box Berbasis Culture Learning dalam pembelajaran tematik. Pada kegiatan awal pra siklus persentase ketuntasannya sebesar 21,43%, kemudian pada siklus I sebesar 64,28%, dan pada siklus II sebesar 85,71%.
Copyrights © 2022