SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Problem Based Learning (PBL) melalui Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Aqmarina Candra Astika (Universitas PGRI Madiun)
Hendra Erik Rudiyanto (Universitas PGRI Madiun)
Sumarsih Sumarsih (SDN 02 Klegen)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didi dalam memecahkan soal cerita bergambar dengan menerapkan pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sebjek penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas 4 SDN 02 Klegen. Penelitian menghasilkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan soal cerita bergambar mengalami peningkatan dari 61,25% pada siklus I, kemudian meningkat pada silus II menjadi 71,25%, dan meningkat hingga 84,25% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi problem based learning dengan menggunakan media kartu bergambar pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan soal cerita bergambar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...