Keterampilan sosial perlu di kuasai oleh seluruh peserta didik karena membantu mereka mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif dengan individu lain dalam berbagai konteks dan kondisi yang berbeda, meningkatkan kemampuan komunikasi, membangun hubungan yang baik, serta memperoleh dukungan sosial yang penting dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka di masa depan. Maksud dari penulisan artikel ini adalah agar pembaca dapat mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan metode project based learning untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik di SMPN 13 Madiun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus pertama terdapat beberapa peserta didik belum dapat meningkatkan keterampilan sosial merekadengan presentase 40% yaitu pada indikator kemampuan memahami prespektif orang lain dan kemampuan mengendalikan emosi dan situasi sosial. Dan pada hasil siklus kedua maka dapat diketahui seluruh peserta didik pada kelas tersebut dapat menunjukkan peningkatan keterampilan sosial secara signifikan dengan presentase 90% sesuai dengan ketercapaiannya pada indikator keterampilan sosial. Berdasarkan hasil kesimpulan diatas maka hasil PTBK yang telah dilakukan di SMPN 13 Madiun bahwa Pendekatan layanan bimbingan klasikal yang menerapkan metode project based learning dapat untuk meningatkan keterampilan sosial pada kelas VII C di SMPN 13 Madiun.
Copyrights © 2024