SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Memahami Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat serta Penerapan Model Pembelajarannya

Vivi Devi Permatasari (Unknown)
Pawestri Lintang Yuhansa (Unknown)
Wildan Rizky Alamsyah (Unknown)
Lois Anggi Putri (Unknown)
Endang Sri Maruti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hakekat anak istimewa dan berbakat istimewa, 2) Cara untuk mengajar anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa dan 3) Peran wali murid yang memiliki anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN 1 Manguharjo. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yabg mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa adalah anak yang mempunyai IQ 140 atau lebih dari anak seusianya. Model pembelajaran dilakukan berupa bentuk pengayaan dan pengelompokan peningkatan. Orang tua sangat berperan dalam peningkatan prestasi anak berkebutuhan jenis ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...