SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Ngegong

Risma Widyawati (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)
Siti Aminah (SDN Ngegong)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguraikan (1) perencanaan penggunaan media Powtoon dalam keterampilan menulis teks prosedur, (2) pelaksanaan penggunaan media Powtoon dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur, dan (3) hasil belajar aspek keterampilan peserta didik setelah penggunaan media Powtoon dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi dan tes yang selanjutnya dilakukan analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas IV mengalami peningkatan persentase setelah pembelajaran dengan media Powtoon pada setiap siklusnya. Dapat diamati dari hasil belajar segi keterampilan menulis teks prosedur pada peserta didik di kelas IV yang menunjukkan nilai dengan kategori Sangat Baik pada siklus ke II dibandingkan dengan siklus ke I.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...