SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Ketrampilan Menulis Teks Narasi Tema Anak Siswa Kelas IV

Bintang Astririana Anista Putri (Universitas PGRI Madiun)
Fauzatul Marufah Rohmanurmeta (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Di tingkat sekolah dasar, keterampilan menulis teks narasi dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar merupakan sebuah keterampilan yang penting. Oleh karena itu, penggunaan media yang tepat perlu dipertimbangkan agar tujuan pembelajaran kemampuan menulis teks narasi dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan ketrampilan menulis teks narasi dengan menggunakan media digital di sekolah dasar khususnya kelas IV SDN Banjar Sari 01. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian tersebut  menunjukkan peningkatan dalam menulis teks narasi SDN Banjarsari 1. Proses pembelajaran menunjukkan terjadinya peningkatan yang cukup signifikan dimana pada siklus I siswa ketntasan hasil belajar sebesar 53,84%, sedangkan siklus II presentase ketuntasan belajar 76,92%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...