SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Analisis Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah IPA

Rhesa Bela Delia Putri (Unknown)
Lingga Nico Pradana (Unknown)
Diyan Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah sains di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas 5 di SDN 01 Manisrejo yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Data dikumpulkan melalui soal tes dan wawancara dengan siswa. Dalam penelitian menunjukkan bahwa siswa mengaplikasikan beberapa indikator berpikir kritis yang dikembangkan menurut Maknun (2020) dalam menyelesaikan masalah sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa S1 menunjukkan berpikir kritis tipe cycle. Berpikir Kritis Tipe Cycle adalah berpikir kritis yang melibatkan siklus berulang atau perubahan yang berulang dalam alur berpikir. Dalam berpikir kritis tipe cycle, siswa cenderung melihat alur berpikir sebagai proses yang berulang dan dapat berubah seiring waktu. siswa mungkin menggali lebih dalam ke dalam isu atau masalah yang lebih mendalam. Sedangkan siswa S2 dan S3 menunjukkan berpikir kritis tipe straight. Berpikir Kritis Tipe Straight adalah berpikir kritis yang dilakukan dilakukan secara berurutan dan konsisten, dengan sedikit perubahan atau variasi dalam alur pemikiran. Dalam berpikir kritis tipe straight, siswa cenderung mengikuti alur berpikir yang logis dan terstruktur, dengan sedikit perubahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...