SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa: Keefektifan Model Pembelajaran Teams Game Tournament Dengan Media Teka Teki Silang

Rossy Qoimatul Fadlila (Universitas PGRI Madiun)
Fauzatun Ma’rufah Rohmanurmeta (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menentukan seberapa model yang berhasil turnamen permainan tim terhadap tingkat keaktifan belajar siswa kelas V di MIN 6 Magetan. Studi ini menggunakn metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Data yang dikumpulkan terdiri dari data skor observasi dan data skor angket keaktifan belajar siswa. Jika dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) yang mendorong siswa untuk belajar secara aktif lebih tinggi dengan model tradisional. Kesimpulannya adalah bahwa uji normalitas menggunakan prasyarat analisis menggunakan rumus Liliefors,uji homogenitas dengan uji Barlett, dan uji perhitungan t, yang menunjukkan = 1.945 dan  dengan (a) 0,05%. Nilai rata-rata siswa kelas V mendukung hal ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...