SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Kata Menggunakan Media Roda Pintar pada Siswa Kelas 1 SDN Nongkodono

Oktafiani Dwi Larasati (Universitas PGRI Madiun)
Vivi Rulviana (Universitas PGRI Madiun)
Agnes Sudjanuwarini (SDN 03 Klegen)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana SDN Nongkodono, yang berada di Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, menggunakan media roda pintar untuk mengajar Bahasa Indonesia di kelas I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus I dan siklus II dari penelitian ini terdiri dari empat tahap: menyusun perencanaan (planning), melakukan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi. Analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media roda pintar dapat efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Media roda pintar dapat meningkatkan aktivitas guru dari 75 persen pada siklus I menjadi 85 persen pada siklus II. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan media roda pintar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas I SDN Nongkodono.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...