SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran

Royan Eka Yahya (Universitas PGRI Madiun)
Amalia Anjani Anatarsya (Universitas PGRI Madiun)
Koko Gunarto (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Pengertian anak autis ; (2)Model Pembelajaran anak autis ; (3)Faktor Penyebab autis ; (4)Karakteristik anak autis di Sekolah Dasar; (5) Dampak dari model pembelajaran bagi anak autis pada Sekolah Dasar. Penelitian ini berpendekatan kualitatif yang dilakukan di rumah subjek yaitu Khayyira Alzena Risqi Iftitah Siswanto tepatnya Jalan Binajaya, Nomor 79, Rejomulyo, Kota Madiun. Data dikumpulkan berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, selanjutnya dianalisis sesuai pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa anak autis ialah suatu gangguan yang terjadi pada otak sebagai akibatnya menyebabkan otak tersebut tidak bisa berfungsi selayaknya otak normal serta hal ini termanifestasi pada perilaku penyandang autisme. Model pembelajaran dilakukan berupa direct Learning, Contextual Teaching Learning, Two Stay Two Stray, Examples non Examples, SAVI ( Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy), Talking Stick. Faktor penyebab autis masih belum diketahui, namun sepertinya hal tersebut tidak diakibatkan oleh satu sebab saja.karakteristik anak autis pada Sekolah Dasar merupakan perilaku yang perseverative, kehendak yang kaku untuk melakukan atau berada pada keadaan yang sama terus monoton.akibat berasal contoh pembelajaran bagi anak autis pada Sekolah Dasar terbagi pada tiga aspek yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...