SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Media Wayang Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN Ngegong

Laila Maulidatur Rohmah (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)
Siti Aminah (SDN Ngegong)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk memperbaiki tingkat keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid kelas 4 SDN Ngegong kota Madiun dengan memakai media wayang kartun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah 29 siswa. Teknik analisis data yang dipakai yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah berlangsung selama 2 tindakan siklus, setiap tindakan siklus mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya peningkatan. Mulai dari tahap pratindakan sebesar 41,37% meningkat menjadi 62% pada siklus 1. Kemudian pada siklus 2 sebagian besar murid memperoleh kenaikan nilai ketuntasan mencapai 82,75%. Berlandaskan pada hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Ngegong.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...