Tujuan diadakannya penelitian ini untuk memperbaiki tingkat keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid kelas 4 SDN Ngegong kota Madiun dengan memakai media wayang kartun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah 29 siswa. Teknik analisis data yang dipakai yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini telah berlangsung selama 2 tindakan siklus, setiap tindakan siklus mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya peningkatan. Mulai dari tahap pratindakan sebesar 41,37% meningkat menjadi 62% pada siklus 1. Kemudian pada siklus 2 sebagian besar murid memperoleh kenaikan nilai ketuntasan mencapai 82,75%. Berlandaskan pada hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media wayang kartun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Ngegong.
Copyrights © 2024