Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peran gender pada siswa di MTsN 3 Magetan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan pemahaman peran gender pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 30 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang siswa MTsN 3 Magetan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan di analisis dengan menggunakan rumus paired sample t test. Berdasarkan hasil setelah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat dibuktikan dengan hasil data penelitian yang menunjukkan bahwahasil rata-rata pretest sebesar 76,25 dan hasil rata-rata posttest sebesar 102,25. Dan uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana <0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest atau dapat disimpulkan “layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan pemahaman peran gender pada siswa kelas VIII MTsN 3 Magetan”.
Copyrights © 2022