Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dengan mengimplementasikan pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian dengan menggunakan 1 kelas yaitu pada kelas IV sebanyak 13 siswa di SDN Tempursari 02. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan observasi di kelas dan memberikan angket motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dimana pada prasiklus motivasi belajar siswa ada pada presentase 40 % dengan kategori rendah, pada siklus I presentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 59,9 % dengan kategori sedang dan pada siklusĀ II meningkat menjadi 75,19% dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPAS dengan Implementasi Pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi siswa, karena siswa dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya, siswa menyukai kolaborasi dengan berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, dan siswa bebas dan berani dalam mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2024