Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V A di SDN Pangongangan pada mata pelajaran pendidikan pancasila khususnya memahami materi tentang Norma dalam Kehidupanku. Penelitian ini melibatkan penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan bantuan media "Panorama" (Papan Norma-norma). Penelitian ini menggunakan PTK (penelitian tindakan kelas) yang meliputi tiga tahap: pra siklus, siklus I, serta siklus II. Metodologi pengumpulan data pada penelitian ini mencakup observasi, dokumentasi, tes, serta wawancara. Subjek penelitian ini yakni peserta didik dari kelas V A di SDN Pangongangan Kota Madiun Kecamatan Manguharjo, dengan total 28 siswa yang mencakup 18 siswa laki-laki serta 10 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwasanya implementasi model PBL dan media "Panorama" pada pembelajaran pendidikan pancasila dapat meningkatkan hasil belajar terhadap peserta didik kelas V A di SDN Pangongangan pada materi tentang norma dalam kehidupanku. Hal tersebut terbukti dari presentase pada siklus pertama sebesar 43% dari 12 peserta didik berhasil mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus kedua, jumlah peserta didik yang mengalami peningkatan yakni 23 siswa, atau sekitar 83%. Berdasarkan analisis data dalam penelitian, persentase peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar berkurang dari 57% menjadi 17%. Dapat disimpulkan bahwa pada persentase tersebut telah mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL dan penggunaan media "Panorama" dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V A SDN Pangongangan pada tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024