SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 3 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Kartu Soal pada Siswa Kelas II SD Negeri 02 Kanigoro

Reni Reni (Universitas PGRI Madiun)
Octaria Hidayatus Sholikhah (Universitas PGRI Madiun)
Upik Wahyuni Nawang Putri (SDN 02 Kanigoro)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri 02 Kanigoro melalui implementasi model pembelajaran kooperatif jenis TGT (Team Game Tournament) yang menggunakan kartu pertanyaan. Siswa kelas II di SD Negeri 02 Kanigoro sebagai subjek penelitian, yang merupakan bagian dari penelitian tindakan di kelas. Observasi, wawancara, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Penelitian memperlihatkan bahwasanya ketika siswa kelas II SD Negeri 02 Kanigoro menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kartu pertanyaan, meningkatkan kemampuan mereka dalam mempelajari materi perkalian dalam mata pelajaran matematika. Pada pra siklus, rata-rata nilai siswa adalah 58,7, dan presentase hanya 43% dari mereka yang mencapai KKM. Namun, dengan menerapkan model kooperatif TGT, rata-rata nilai pada Siklus I meningkat menjadi 71, dan persentase siswa yang mencapai KKM juga naik menjadi 71%. Meskipun demikian, karena persentase tersebut belum memenuhi persyaratan keberhasilan dalam pembelajaran, pengukuran dilanjutkan pada Siklus II. Pada siklus terakhir, 93% dari siswa mencapai KKM, dengan rata-rata nilai mencapai 84. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya terjadi sebuah peningkatan dalam pemahaman siswa tentang perkalian selama kedua siklus tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...