SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada Satuan Pendidikan

Enik Susiana (TK Pertiwi 02)
Rosyida Nurul Anwar (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Abstrak ditulis dengan font TNR, 10pt, antara 100 sampai 200 kata. Abstrak memuat tujuan Fenomena maraknya satuan pendidikan yang mengharuskan siswa kelas satu untuk dapat membaca, menulis dan berhitung sebagai syarat Penerimaan Peserta Didik Baru seperti bola salju yang tidak terkendali sedangkan anak usia pra sekolah belum memiliki persiapan yang baik guna menerima materi membaca, menulis, dan berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Metode penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik Penelitian ini dilakukan pada beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Madiun yaitu SD Negeri Glonggong 04. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumnetasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satuan pendidikan menerima siswa dengan menghilangkan test calistung, menerapkan masa pengenalan selama dua minggu, serta membangun kemampuan peserta didik pada pembelajarannya. Gerakan transiisi PAUD ke SD yang menyenangkan mampu menjadikan peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...