SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 1 (2022)

Literasi sejarah pendidikan pesantren dan nilai-nilai keteladanan kiai (studi di pp sabilil mutaaqien Takeran Magetan Jawa Timur)

Rani Lily Arseat (Universitas PGRI Madiun)
Yudi Hartono (Universitas PGRI Madiun)
Novi Triana Habsari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien, Takeran, Magetan Jawa Timur, peran dan keteladanan Kyai Imam Muryid Muttaqien dalam mengembangkan Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien tahun 1943-1948. Metode yang digunakan adalah kualitatif historis. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data melalui triangulasi dan kritik sumber. Analisis data dengan analitis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sejarah berdirinya dan perkembangan Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien tidak jauh dari pola perkembangan pesantren di Indonesia pada umumnya yang berawal dari keberadaan pemimpinan kiai yang mendapat pengakuan dari masyarakat; 2) Kyai Imam Mursyid Muttaqien berperan penting dalam perkembangan Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien dengan perubahan-perubahan sistem dan institusi pondok pesantren tanpa menghilangkan ruh pendidikan pesantren dan tarekat yang dianut, yakni Tarekat Syathariyah; 3) Perjalanan hidup dan kepemimpinan Kyai Imam Mursyid mengandung nilai-nilai yang dapat diteladani dari generasi ke generasi, yakni semangat menuntut ilmu dari berbagai bidang keilmuan, bersedia menerima mandat kepemimpinan di usia muda, melakukan pembaruan sistem dan institusi pendidikan pesantren tanpa meninggalkan ruh pendidikan pesantren dan Tareikat Syathariyah, serta mempertahankan pesantren dari ancaman pihak luar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...